Saturday, November 9, 2019

Cek Kecepatan Website Anda dengan Tools Gratisan ^^

Cek Kecepatan Website Anda dengan Tools Gratisan ^^
Cek Kecepatan Website Anda dengan Tools Gratisan ^^
Kecepatan website selalu menjadi isu prioritas bagi para pemilik website. Baik blog, toko online, website company profile, website forum, maupun jenis website lainnya selalu dituntut untuk loading cepat.

Sebagai pemilik website tentu Anda harus selalu mengecek kecepatan website secara reguler agar mengetahui apakah website Anda sudah cukup cepat atau belum. Artikel ini akan membahas 10 tools gratis yang bisa Anda gunakan untuk mengecek kecepatan website Anda.

Mengapa Website Harus Cepat?

Sebelum mengecek kecepatan akses website, Anda juga perlu tahu mengapa website Anda harus cepat. Apa yang terjadi jika website Anda loading terlalu lama? Berikut penjelasannya:

Pengunjung Tidak Sabar

Pengguna internet tidak sabar untuk mendapatkan yang mereka inginkan, baik itu mendapatkan informasi maupun membeli produk. Menurut riset Google, 53 persen pengguna internet Indonesia meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 3 detik.

Pengunjung Tidak Kembali ke Website yang Lambat

Sekali pengunjung tahu kalau website Anda loading lama, kemungkinan besar mereka tidak akan kembali mengunjungi website Anda. Berdasarkan survey KissMetric, 79 persen pengunjung tidak akan kembali mengunjungi website yang mereka anggap lama loading-nya.

Website Cepat, Ranking Semakin Tinggi di Google

Untuk menentukan ranking di hasil pencarian, Google menggunakan berbagai faktor. Salah satu faktor utamanya adalah kecepatan loading website Anda. Semakin cepat loading website, semakin bagus nilai website Anda di penilaian Google. Faktor ini berlaku untuk hasil pencarian di desktop dan mobile.

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Website

Terdapat beberapa faktor yang menjadi penentu kecepatan akses website, yaitu:
1. Lokasi dan Spesifikasi Server hosting yang sedang digunakan
2. Kecepatan koneksi internet
3. Ukuran file gambar, video atau file multimedia lainny
4. Penggunaan plugin yang terpasang di website
5. Source Code yang digunakan meliputi HTML, CSS, JavaScript dan  sebagainya.

10 Tools Cek Kecepatan Website Gratis

Terdapat berbagai cara untuk mengecek kecepatan website. Anda bisa memilih salah satu atau beberapa tools di bawah ini untuk mengecek kecepatan website Anda. Berikut 10 tools untuk cek kecepatan website gratis:

1. Pingdom
2. Google PageSpeed Insight
3. Google Mobile Website Speed Testing Tool
4. Geek Flare
5. GTMetrix
6. KeyCDN Website Speed Test
7. Load Impact
8. WebPageTest
9. Web Page Analyzer
10. Chrome DevTools

Kesimpulan

Cek kecepatan website adalah kegiatan yang perlu dilakukan secara teratur oleh para pemilik website. Hal ini untuk mengetahui secara akurat seberapa cepat website Anda. Setelah mengetahui seberapa cepat website Anda, Anda bisa melakukan perbaikan-perbaikan berdasarkan rekomendasi dari tool kecepatan website.

Share:
Location: Indonesia

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2018 Design by Hiburan SEO